Harga Kubah Masjid Syaichona Cholil

Masjid Syaichona Cholil merupakan masjid megah yang berada di Kabupaten Bangkalan Madura,Jawa Timur. Yang mana sampai sekarang masjid ini masih sangat dijaga dan juga dihormati khusus nya oleh warga sekitar Kota Bangkalan sebagai rasa terima kasih pada ulama yang sudah berjasa dalam menyebarkan syiar Islam pada bagian ujung selatan Pulau Madura ini.

Harga Kubah Masjid Syaichona Cholil

Di dalam masjid ini terdapat juga sebuah makam Syaikhona Kholil. Beliau tak lain tak bukan adalah seorang ulama besar yang mana semasa hidupnya mempunyai kewibawaan dan juga sangat karismatik,di samping itu juga beliau ini juga merupakan salah satu guru serta kiai besar yang ada di Jawa Timur. Keelokan dan juga kemegahan pada arsitekstur bangunan masjid ini terpesona akan keindahan dari bangunan Kubah Masjid Mertajasah, Bangkalan dengan hal ini dapat juga menjadikannya sebagai salah satu masjid terindah yang ada di Nusantara.

Bagian dalam bangunan masjid Syaikhona Kholil ini juga telah banyak dihiasi oleh ornamen-ornamen khas Agama Islam dan juga terdapat sebuah kaligrafi yang seluruhnya telah menyebar pada setiap sudut bangunan masjid ini.

Masjid ini merupakan salah satu bangunan masjid yang tak pernah sepi dari peziarah dari berbagai macam Kota,yang mana awalnya masjid ini dahulunya berupa sebuah pesantren yang kebetuolan juga dilengkapi dengan mushola yang berukuran 8×10 meter. Namun, dengan adanya kebutuhan yang penting dan sangat penting untuk sarana peribadahan yang memadai untuk masyarakat sekitar dan ramainya peziarah, maka pada tahun 2006 dibangunlah masjid yang lebih besar dan sangat representatif di pusat Kota Bangkalan.

Masjid Syaichona Cholil ini merupakan salah satu masjid yang mempunyai kubah berwarna emas dan juga terdapat satu menara,dan juga areal masjid ini juga mempunyai halaman yang sangat luas. Selain itu, tersedia juga lahan parkir untuk kendaraan bermotor dan juga mobil yang mampu menampung hingga belasan bus besar bahkan puluhan ribu motor yang lokasinya tidak terlalu jauh dengan letak masjid.

Masjid  Syaichona Cholil ini seakan akan terlihat sangat indah dengan bangunan besar yang kokoh dan juga detail ornamen yang semuanya itu tersebar di seluruh bagian bangunan utama masjid maupun bagian luar masjid. Keberadaan dua menara yang menjulang tinggi yang berada di sudut sayap kanan dan kiri bangunan juga semakin memperkuat kemegahan rumah ibadah tersebut.

Suasana religius dan juga kesan kemewahan pada setiap sudut bangunan masjid ini juga terasa sangat segar dan indah untuk dipandang. Hal ini terpancar karena hampir di semua bagian serta sudut bangunan pada bangunan masjid ini telah dihiasi dengan beragam macam Ayat-Ayat Al-Qur’an serta terdapat pula hiasan kaligrafi berupa Asmaul husna yang semuanya terbuat dari ukiran tangan yang nampak begitu indah.

Harga Kubah Masjid Syaichona Cholil

Pada bagian sisi sebelah luar bangunan, elemen kaligrafi dengan nuansa warna emas sudah tampak menghiasi ruangan utama pada bangunan masjid ini. Lalu,setelah memasuki pada bagian dalam, para pengunjung nantinya juga akan melewati teras yang berbentuk ruang dengan plafon bulat terbuat dari kaca hias patri yang seakan-akan memberi sambutan untuk sebuah perjalanan religi penuh keindahan.

Sementara pada bagian atap di lantai satu juga ada sebuah rangkaian hiasan berupa kaligrafi yang memutari pada bagian sisi-sisi atap masjid. Dicat dengan warna kuning keemasan dan hal ini semakin menambah daya tarik serta kemewahan masjid ketika terkena sinar lampu yang sudah terpasang hampir pada setiap jarak 1 m persegi atap masjid tersebut.

Bangunan kubah yang dipilih untuk masjid ini juga termasuk kubah jenis panel enamel. Jenis kubah tersebut dibuat dari plat baja karbon ringan dari jenis spcc-sd. Dengan kata lain sphc yang keduanya mempunyai ciri yang mirip dengan karakteristik enamel. Kubah jenis ini mempunyai ketebalan antara 0,7 mm sampai 1,2 mm. Hal tersebut disesuaikan terhadap luas media panelnya sendiri.

Sementara bila kita sedikit mengacu pada bahan terutama pada bagian kubah terdiri atas bahan yang terbuat dari enamel, maka sejumlah pihak kontraktor akan mulai berpikir keras dan juga sedikit memperkenalkan tentang bahan enamel produksinya untuk kubah masjid.

Kelebihan yang dimiliki oleh kubah masjid dari bahan enamel ini ternyata juga membuat banyak pengurus masjid mulai tertarik ingin beralih pada bahan ini untuk kubah masjidnya. Bukan Cuma itu saja, warna yang sangat mencolok pada kubah enamel juga menjadi pertimbangan untuk memilih kubah enamel sebagai pelengkap bangunan masjid mereka.

Pada tempat wudhu juga sudah didesain sangat unik yakni (melingkar) yang menjadi daya tarik para pengunjung yang hendak berwudhu disini. Jika umumnya masjid menggunakan desain tempat untuk berwudhu dengan deretan kran yang memanjang ke samping.

Hal ini tidak terjadi di masjid ini. Karena tempat wudhu masjid ini mempunyai bentuk yang unik berbentuk melingkar dan terdapat juga tempat untuk meletakkan peci atau kopyah di atasnya. Tempat wudhu ini juga dibangun dengan ukuran yang sangat luas dan mempunyai puluhan kran wudhu.

Dari seluruh keindahan tersebut, harus diakui bahwa hal yang paling menyita perhatian adalah pada bagian plafon yang terletak pada ruangan utama masjid,yang mana plafon tersebut nampak cantik dan mengikuti bentuk kubah. Goresan khas garis-garis tribal terlihat sangat kontras dan terlihat sangat tajam,dengan tambahan lampu gantung berbentuk kristal yang memberi kesan sangat mewah.

Adanya tambahan yang bersifat untuk menambah keindahan bangunan masjid ini, dan juga tata letak makam Syaikhona Muhammad Kholil, serta aktivitas yang tak pernah sepi dari peziarah membuat suasana masjid ini begitu hidup dan sangat layak dijadikan salah satu destinasi wisata religi di Jawa Timur.

Masjid ini bukan sekedar tempat yang cuma untuk dikunjungi para jamaah saja,yang kebanyakan dari mereka ini ingin melakukan ibadah shalat serta ingin mengetahui pula keindahan masjid ini. Di satu sisi para jamaah ini datang jauh-jauh dari berbagai sudut Kota hanya yang ingin berziarah ke makam Syaikhona Kholil. Jadi, jika Anda hendak berziarah kesini, tidak perlu khawatir untuk mencari waktu yang paling tepat.

Karena setiap waktu masjid ini selalu terbuka untuk siapa saja yang ingin beribadah dan juga melakukan ziarah ke masjid ini. Namun biasanya masjid sangat ramai dikunjungi ketika malam Senin (minggu malam). Hal itu karena tepat dengan acara istighosah yang digelar oleh takmir masjid tersebut.

Umumnya para peziarah yang berkunjung kebanyakan tiba ketika menjelang waktu maghrib. Sehingga sesudah shalat maghrib, peziarah dapat secara langsung membacakan doa, tahlil, dan juga yasin dari waktu hingga ke waktu,kemudian ketika shalat isya’ tiba.

Maka,usai berziarah, para pengunjung ini juga dapat membeli oleh-oleh khas dari Madura yang letaknya sangat dekat sekali dengan lokasi parkir kendaraan para jamaah. Beberapa makanan serta peralatan khas Pulau Madura dapat anda temukan di sekitar area Masjid dan tentunya di jual dengan harga yang sangat terjangkau dan sudah pasti memiliki kualitas terjamin.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>