Kemegahan Masjid Agung Jeneponto Sulawesi Selatan

Keberadaan masjid di wilayah Indonesia adalah ciri khas dari setiap wilayah itu sendiri. Selain sebagai tempat shalat, bangunan masjid tidak jarang dijadikan objek wisata religi.

Berbagai jenis masjid dengan berbagai bentuk dan desain terkadang menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Salah satunya adalah bangunan masjid di Sulawesi Selatan.

Kemegahan Masjid Agung Jeneponto Sulawesi Selatan

Masjid itu disebut Masjid Jeneponto Hebat. Masjid ini terletak di Jalan Lanto Dg Pasewang, Kelurahan Balang Toa, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan.

Jeneponto sendiri adalah salah satu kabupaten di Sulawesi Selatan. Ibukotanya juga bernama sama, Jeneponto. Secara geografis, Jeneponto menghadapi Selat Flores di selatan.

Di sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Gowa dan di sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Takalar. Kemudian berbatasan langsung dengan Kabupaten Bantaeng di bagian timur.

Di Jeneponto lah masjid dibangun yang sangat besar dan juga besar dan menjadi bangunan yang membanggakan bagi penduduk Jeneponto.

Arsitektur Bangunan Masjid Agung Jeneponto

Masjid Great Jeneponto telah berdiri sejak tahun 1976. Masjid ini terletak di situs wakaf dengan luas 3455 meter persegi, sedangkan area konstruksinya sendiri adalah 1.200 meter persegi. 

Seperti yang kita lihat dari bangunan, Masjid Agung Janeponto memiliki struktur arsitektur yang indah. Ini dapat ditemukan di menara masjid tunggal yang menjulang tinggi dan menyerupai mercusuar. Selanjutnya, bangunan masjid dicat putih secara keseluruhan, sehingga kesan luas, besar dan megah dapat ditemukan di Masjid Agung Janeponto.

Selain itu, keindahan Masjid Janeponto Agung juga dapat ditemukan di bagian halaman masjid yang sangat luas dan nyaman bagi para jamaah dan pengunjung yang ingin mengunjungi masjid ini. Pengunjung dan jamaah juga tidak akan khawatir ketika mereka mengunjungi Masjid Janeponto Agung jika mereka memiliki kendaraan. 

Mereka dapat memarkir kendaraan mereka secara bebas dan aman. Masjid Agung Janeponto memiliki dua lantai dan dilengkapi dengan tangga yang digunakan oleh peziarah dan pengunjung sebagai akses ke lantai atas atau lantai dua.

Masjid Agung Janeponto juga memiliki sebuah kubah masjid besar di atap masjid. Kubah dapat dilihat dari kejauhan karena sangat besar dan putih. Maka itu tidak pernah megah dan nyaman di dalam masjid.

Di mana masjid memiliki lantai keramik dengan ukuran yang sangat besar. Sehingga para penyembah tidak merasa hangat, tetapi sejuk dan nyaman. Dikombinasikan dengan kipas angin di langit-langit masjid. Bagian dalam masjid juga terlihat lebih bagus dan lebar dan cat tembok putih.

Tidak hanya berfungsi sebagai tempat untuk melaksanakan ibaah, ternyata Masjid Agung Janeponto biasanya merupakan tempat pembebasan dan salam bagi para peziarah yang datang dari Kabupaten Janeponto setahun sekali. 

Jadi tidak heran bahwa setiap bulan Masjid Haji selalu penuh dengan jamaah haji dan juga keluarga dan kerabat mereka yang menyertai keberangkatan jemaah haji.

Ketika para peziarah mengakhiri ibadah mereka, keluarga dan kerabat mereka juga menghadiri resepsi mereka.

Apalagi, Masjid Agung Janeponto selalu penuh dengan jamaah ketika hari libur besar tiba. Tepat ketika Idul Fitri dan Idul Adha telah tiba, para jamaah yang sholat di masjid berkali-kali lebih dipenuhi daripada jumlah jamaah sebelumnya.

Sampai sekarang masjid agung Masjid Agung Jeneponto ini masih termasuk bangunan masjid yang memiliki fasilitas pendukung yang cukup lengkap. Karena selain untuk tempat beribadah, Masjid Agung Jeneponto ini juga dapat menjadi sarana prasarana destinasi wisata religi, yang mana dilengkapi dengan bangunan museum, convention centre, office centre, kafe, 

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>