Pembuatan Kolam Ikan Koi

Pada dasarnya budidaya ikan koi ini merupakan sebuah hal yang umum dan juga banyak dilakukan oleh sebagian orang khususnya di Indonesia. Tak jarang juga kebanyakan para penghobi ikan koi ini menggunakan media akuarium sebagai landasan memelihara ikan koi.

Secara singkat terdapat beberapa jenis media yang cocok untuk dijadikan tempat memelihara ikan koi,yakni bisa dalam model Akuarium atau bisa juga dengan model Kolam Terpal,untuk budidaya ikan koi di Akuarium ini sebenarnya sudah bisa kita temukan ketika sedang berkunjung di sebuah toko sentra ikan hias atau biasa juga berada di tempat pembudidayaan ikan koi.

Pembuatan Kolam Ikan Koi

Yang mana ketika berkunjung ke toko sentra ikan hias,maka kita akan terpana ketika melihat aquarium yang dihiasi oleh ikan hias beraneka warna dan jenis,serta dukungan aquarium yang lengkap dengan semua peralatan pendukung lainnya. Namun, jika anda ingin menghemat biaya dan ingin membuat kolam dari akuarium ikan koi milik Anda sendiri, maka Anda akan bisa membuatnya dengan memperhatikan langkah-langkah yang sudah admin siapkan berikut ini.

Bahan yang Dibutuhkan Pembuatan Aquarium Untuk Ikan Koi

Material utama untuk pembuatan akuarium adalah pembatasnya, atau untuk memperkuat bagian dindingnya yang nantinya akan menampung volume air kolam. Bahannya bisa anda buat dari kaca, atau juga bisa menggunakan plastik transparan, atau material sejenis lainnya yang bersifat mendukung kelangsungan hidup ikan koi. Agar ikan koi ini menemukan kualitas terbaik nya maka anda dapat menggunakan kaca jenis anil yang mana jenis kaca anil ini tidak akan menghasilkan serpihan saat pecah. Untuk bahan pelengkap lainnya bisa disimak berikut ini.

– Sediakan lem kaca atau lem untuk perekat silikon

– Lem tembak dan juga pisau cutter atau pemotong kaca

– Cairan khusus untuk membantu dalam membelah kaca

– Penggaris

– Lakban atau selotip besar

– Gerinda dan ’spidol

– Obeng

– Kabel skimer

– Kontainer besar yang digunakan untuk tempat dudukan atau bisa juga sebagai penahan pembuatan akuarium

Persiapan Perancangan Aquarium Ikan Koi

– Tentukan terlebih dahulu tentang ukuran akuarium yang hendak anda buat. Lalu,setelah itu anda lakukan pertimbangan tentang berapa ikan koi yang akan Anda pelihara dan tentukan juga anda memelihara ikan koi di mulai dengan ukuran berapa. Jadi,dengan begitu anda akan mendapatkan sebuah kepastian tentang ukuran yang hendak akan Anda buat,maka dengan begitu hasil akuarium ciptaan anda akan sesuai untuk jumlah ikan koi Anda hingga mencapai ukuran dewasa.

– Apabila akuarium yang dibuat untuk tujuan dekorasi, maka hal ini harus anda sesuaikan terlebih dahulu berdasarkan ukuran akuarium dengan luas ruangan yang Anda miliki untuk memajang ikan hias koi Anda.

– Pastikan kaca yang akan digunakan dihaluskan terlebih dahulu sebelum melukai saat pembuatan akuarium tersebut.

Pembuatan Akuarium Ikan Koi

– Gunakan dudukan kontainer yang berfungsi untuk merangkai dan merancang badan akuarium.

– Rangkai kaca terlebih dahulu yang hendak akan digunakan untuk dinding akuarium,dengan menggunakan lem dan silikon tebal agar saling menempel satu sama lain.

– Anda bisa menggunakan bantuan dari lakban untuk membantu dalam melekatkan antar kaca karena bisa jadi ketika memakai lem maka hasilnya tidak terlalu kuat untuk menyatukan bagian kaca dinding.

– Setelah kering,segera untuk menambahkan lagi lem pada bagian yang melipat untuk mencegah agar tidak terjadi kebocoran air pada akuarium di kemudian hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *